Pemasaran On Line Menggunakan Media Sosial

      1. Pengertian media sosial
  • Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
  •  Sosial Media adalah suatu wadah untuk berkumpul secara bebas dalam aspirasi atau hal lain yang masih bertanggung jawab.
  • Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi dalam media social yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (user-generated content)".

    Kesimpulan :
    Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berkumpul dalam berpartisipasi, berbagi, menciptakan isi yang meliputi blog, forum, wiki, dan dunia virtual.

    2. Macam-macam media sosial
    • Facebook
    • Twitter
    • Google+
    • Instagram
     
    3. Ciri - ciri media sosial
    Media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
    • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
    • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
    • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
    • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

    4. Fungsi media sosial

    • Administrasi
    Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Riset pasar untuk menemukan dimana pasar anda.
    • Mendengarkan dan Belajar
    Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
    • Berpikir dan Perencanaan
    Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
    • Pengukuran
    Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk  mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.

    4. Manfaat dari media sosial
    • Layanan partisipasi pelanggan dan polling
    • kontribusi organisasi+Industri khusus
    • mesin pencari internet dan blog
    • integrasi smartphone Ponsel
    • Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung
    • Layanan web target pemasaran
    • Search engine optimization (SEO)
    • Sosial media optimasi (SMO)
    • Televisi dan radio

    5.  Kelebihan
    • Memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon
    • Dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

    6. Kelemahan
    Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan :
    • Interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun.
    •  Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis. 
    • Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet
    • Kecanduan (addiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar